February 3, 2021

Jangan Takut Kewalahan Melayani Pelanggan, Ini Rahasianya

Dalam berdagang, memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan termasuk salah satu kunci untuk membuat pelanggan merasa puas. Di sisi lain, memberikan pelayanan yang baik sebagai standar toko Anda, dapat membuat pelanggan betah dan nyaman berbelanja. Sehingga ia pun berkemungkinan kembali dan menjadi pembeli setia di toko Anda.

Akan tetapi, untuk mempertahankan pelayanan yang baik ini, Anda membutuh komitmen dan konsistensi yang sangat kuat. Sebab sering juga terjadi, pedagang yang telah memberikan pelayanan maksimal kerap mandeg di tengah jalan, terutama di saat ramai. Biasanya, hal ini terjadi karena pedagang tersebut sudah merasa nyaman atau malah kewalahan melayani pelanggan yang membludak.

Untuk itu, Anda perlu semacam trik-trik khusus untuk mengantisipasi hal ini. Jangan sampai kesalahan sedikit itu membuat pelanggan Anda jadi tidak mau lagi kembali berbelanja di toko Anda.

Menghargai Kedatangan Konsumen

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghargai kedatangan para pelanggan ke toko anda. Salah satu caranya bisa dengan menghampiri pelanggan Anda ketika mereka baru tiba. Pikiran orang ketika mampir ke toko Anda belum tentu benar-benar ingin membeli sesuatu, lho. Bisa saja orang-orang yang mampir tersebut hanya ingin melihat-lihat atau membandingkan produk Anda dengan toko lain.

Dengan bergerak cepat menghampiri pengunjung dan memberikan pelayanan yang maksimal, Anda bisa saja mengubah mindset pengunjung tersebut untuk membeli produk Anda. Sebab, dengan menghargai kedatangan konsumen Anda, bisa saja jadi penilaian tersendiri bagi pengunjung toko Anda.

Bersikap Ramah

Langkah berikutnya yang wajib sekali Anda lakukan adalah bersikap ramah kepada pengunjung Anda. Nah, Anda tentu paham sekali bahwa perilaku pengunjung pasti banyak macamnya. Ada pengunjung toko yang tidak banyak tingkah alias langsung to the point, ada pula tipe pengunjung toko yang bisa menguji tingkat kesabaran Anda. Untuk tipe pengunjung kedua ini, sudah pasti akan membuat kepala Anda seperti ingin pecah.

Meski demikian, memberi perlakuan yang berbeda kepada pengunjung-pengunjung Anda sangat tidak direkomendasikan. Anda harus bersifat netral kepada pengunjung Anda sekalipun ia menyebalkan. Bisa saja, pengunjung ribet yang menghampiri toko Anda tersebut bisa berubah karena perilaku Anda yang ramah dan hangat kepadanya.

Selalu Gesit dalam Melayani

Hal selanjutnya yang dapat terus Anda terapkan adalah dengan selalu gesit dalam melayani pelanggan. Seramai atau sesepi apapun toko Anda, memberikan pelayanan yang gesit akan sangat menentukan penilaian para pembeli Anda. Jadikan pelayanan yang gesit tersebut sebagai identitas toko Anda sehingga reputasi toko Anda pun akan terbangun dengan sangat baik.

Dengan karakter toko yang terbentuk itu, pengunjung akan datang secara suka rela, bahkan bisa saja pengunjung Anda menunggu produk-produk terbaru Anda hanya karena pelayanan yang Anda berikan itu baik. Meski, tetap saja, produk yang Anda jual harus memiliki kualitas yang bagus.

Jalin Hubungan yang Intim dengan Pelanggan

Biasanya, pembeli yang sering berperilaku aneh-aneh disebabkan hubungannya dengan toko yang tidak akrab. Untuk itu, Anda perlu sesekali menjalin hubungan yang intim dengan pelanggan. Dalam artian, Anda boleh meminta kontaknya untuk dapat berhubungan dengan para pelanggan Anda. Dengan mempunyai kontak para pelanggan, setidaknya Anda bisa menyapanya sesekali untuk menanyakan kabar atau bahkan menawarkan produk-produk terbaru Anda.

Menjalin hubungan yang intim dengan pelanggan bisa jadi strategi yang efektif untuk membentuk komunitas toko Anda sendiri. Terutama, untuk menghindari pengunjung-pengunjung yang perilakunya menyulitkan Anda. Karena secara tak langsung, tetap berhubungan baik dengan para pengunjung, mereka akan merasakan perasaan yang nyaman bahkan bisa menganggap Anda lebih dari pedagang yang menawarkan produk.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait